Walhi NTT Melaksanakan perlombaan menulis opini bagi Mahasiswa/i D3-S1 sederajat se-Nusa Tenggara Timur

JAGA KARST; JAGA KEHIDUPAN – BAHAN BACAAN WAHANA LINGKUNGAN HIDUP INDONESIA
May 10, 2022
Menjelang Hari Lingkungan Hidup Sedunia, WALHI NTT lakukan Roadshow media di Kota Kupang
May 23, 2022

Walhi NTT Melaksanakan perlombaan menulis opini bagi Mahasiswa/i D3-S1 sederajat se-Nusa Tenggara Timur

Walhi NTT Melaksanakan perlombaan menulis opini bagi Mahasiswa/i D3-S1 sederajat se-Nusa Tenggara Timur

 

Menjelang Hari Lingkungan Hidup sedunia (World Environment Day) pada tanggal 05 Juni 2022 mendatang,  Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Eksekutif Daerah Nusa Tenggara Timur melaksanakan kegiatan perlombaan menulis opini lingkungan hidup bagi seluruh mahasiswa/i D3-S1 sederajat di seluruh Nusa Teggara Timur.

Perlombaan penulisan opini adalah bagian dari upaya memperkuat gerakan lingkungan hidup, dan membangkitkan semangat mahasiswa mengkritisi berbagai krisis sosial lingkungan hidup di seluruh Nusa Tenggara Timur.

 

Perlombaan ini diinisiasi oleh yayasan WALHI NTT bersama seluruh lembaga anggota WALHI yang tersebar di seluruh daerah Nusa Tenggara Timur, sebagai salah satu rangkaian kegiatan menuju hari lingkungan hidup sedunia (World Environment Day) pada tanggal 05 Juni 2022.

Selain dari kegiatan perlombaan ini, Walhi NTT juga melakukan rangkaian kegiatan lainnya, seperti roadshow di komunitas, sekolah-sekolah dan media masa di Kota Kupang, selain itu juga akan dilakukan mimbar bebas, pameran kebencanaan, akustik, dan pameran pangan lokal, seluruh kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan memperingati hari lingkungan hidup sedunia (world environment day).

 

Kegiatan perlombaan ini mulai dibuka sejak hari/tanggal kamis 19 Mei 2022 Hingga minggu 05 juni 2022, kegiatan penjurian akan dilaksanakan pada tanggal 06 Hingga 09 juni 2022, dan hasil kejuaraan akan diumumkan secara online pada tanggal 09 juni 2022 di media sosial WALHI NTT.

Walhi NTT mengakomodir kejuaraan pertama hingga kejuaraan harapan 1 (satu), juga disiapkan hadiah berupa uang tunai, piagam penghargaan, sertifikat, marchandise serta berhak mengikuti pelatihan Green Student Movement (GSM) secara ofline dan online gratis. Selain itu satu peserta kategori tulisan terfavorit versi juri juga berhak mendapatkan marcandise dan mengikuti pelatihan Green Student Movement (GSM). Dan untuk seluruh peserta lomba menulis ini akan mendapatkan e-sertifikat dari WALHI NTT.

Berikut adalah tema-tema menarik bagi calon peserta lomba untuk dapat dipilih menjadi topik/tema tulisan:

  1. Kebijakan Kedaulatan pangan (Food estate, Hama belalang kumbara, ASF (African Swine Fever), Sura, dll)
  2. Kebijakan Reforma agraria (kasus Waduk Lambo, Bendungan Kolhua, Bendungan Manikin, Kasus Besipae, Umalulu)
  3. Kebijakan Perubahan iklim dan bencana (Seroja, Gunung api)
  4. Penegakan hukum lingkungan dan korupsi Sumber Daya Alam (Pulau kelor, Investasi pariwisata perhotelan labuan bajo, Awulolong/Balaoring Lembata)
  5. Kebijakan pelestarian keanekaragaman hayati endemik di NTT (Karst, Sabana, Komodo, Cendana, dll)
  6. Hak Asasi Manusia dan lingkungan Hidup (Bebas memilih kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia yang ada hubungannya dengan lingkungan hidup dan agraria).
  7. Perempuan dan lingkungan hidup (Perlawanan perempuan di besipae, Mama Aleta baun, dll)
  8. Pencemaran Lingkungan Hidup (Pesisir laut, pertambangan, dll)

 

Walhi NTT memilih topik-topik di atas sebagai gambaran krisis sosial dan lingkungan hidup di Nusa Tenggara Timur dan kebijakan yang mengabaikan kelestarian ekosistem lingkungan, dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Bagi calon peserta dapat memilih satu judul/topik di atas untuk menjadi judul tulisannya, dengan ketentuan-ketentuan yang telah diatur oleh para juri dan panitia perlombaan.

Calon peserta dapat menghubungi panitia perlombaan dengan nomor kontak (Horiana Yolanda 0852 3741 9112), atau dapat menghubungi lewat media sosial facebook dan Instagram Walhi NTT.

 

Narahubung (Ketua Panitia)         : Umbu Tamu Ridi

Nomor Kontak                                  : 0821 4694 1505

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *